Home » , , , , , » Review Mikrotik Metal 2shpn part 2

Review Mikrotik Metal 2shpn part 2

Written By wifi.bengkulu on Sunday, April 14, 2013 | 11:16 AM

Sebelum nya bagi anda yang belum tahu Mikrotik Metal 2shpn ada baik nya membaca ulasan tersebut. banyak yang nanya kepada saya koq mikrotik metal powerny gede tapi ccq nya jelek, powernya gede koq sinyal nya jelek, dan beberapa pertanyaan lainnya. Memang benar Mikrotik ini mempunyai power yang besar dengan 32dbm atau setara dengan 1600mW. Cukup bisa dihandalkan untuk dijadikan PTP (point to point). Kesempatan ini saya mencoba memberikan informasi hasil yang saya dapatkan selama memakai Mikrotik Metal 2shpn kepada anda.

Radio yang saya pakai sebagai berikut :

Access Point :
Mikrotik Metal2shpn
Antena Omni Hyperlink 15dbi

Client 3KM :
Bullet M2Hp
Antena Omni Hyperlink 15dbi

Client 12 KM :
Bullet M2HP
Antena Grid Kenbotong  24dbi

Untuk Client 5km hasil scan mendapatkan sinyal -49, kedua sisi sama sama menggunakan antena Hyperlink dengan ketinggian radio 20M, Mikrotik Metal 2shpn power nya saya setting 25dbm, kenapa saya setting 25dbm ? karena untuk menjaga umur dari radio ini, seandai nya saya setting full 32dbm radio ini akan panas  dan radio dari sisi client juga tidak semua nya bisa membaca sinyal yang di keluarkan. Sebelum nya saya setting default (32dbm) kemudian sisi client mencari sinyal, alhasil sinyal dari Mikrotik ini tidak kebaca.



Sisi Client 12Km mendapatkan sinyal -74, sisi client menggunakan antena Grid Kenbotong 24dbi, sisi AP menggunakan Hyperlink 15dbi, power nya tetap saya setting 25dbm dengan ketinggian radio client 20M. alhasil sinyal yang didapatkan cukup kuat


Kesimpulan yang bisa kita dapatkan bahwa lagi2 jangan setting powernya full cukup 29dbm kebawah, atau bisa anda sesuaikan dengan radio sisi client yang anda gunakan.

Share this article :

29 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl default tx power ny 32dbm gan, kl boleh tahu client pake apa? kl 29db client masih putus cb turunin lg gan. kmren dpt stabil ny di 25-27db gan, tergantung d client ny juga sih sebenar ny.

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. ini Mikrotik Metal default ny 32dbm gan setara 1600mW, saran saya di custume aja gan,, pake 27dbm nya. btw pake antena apa sisi AP gan ? itu client Pake Antena apa ? 5210 Product TPlink ya gan ? perhatikan chanel disekitar gan, kl banyak kedetect kemungkinan gara2 intervensi, cuma kl sinyal nya masih sedikit kemungkinan ada di perangkat, ntah itu di sisi AP or Client.

    ReplyDelete
  4. mas, sy mau tanya. radio ini mampu menampung brapa klien "online scara bersamaan?? thanks

    ReplyDelete
  5. ini mikrotik lisensi ny level 4, jadi kl di gunakan untuk hotspot dgn fitur usermanager mampu menampung 20 user aktif yang ol barengan, sedangkan jika tidak menggunakan userman mampu untuk 200 user

    ReplyDelete
  6. cara seting powernya di mana gan ?

    ReplyDelete
  7. setting nya di bagian interfaces wireless menu txpower gan, trs pilih all rate masukan dbm nya gan, pake aja antara 27-29dbm gan, oh ya txpower ada di bagian advance mode gan, jadi klik dulu advance modenya

    ReplyDelete
  8. mohon solusinya metal 2shpn sebagai ap pusat mode bridge
    utk repter memakai produk tplink (universal repater dhcp enable)
    kendala saaat ini jika ap pusat mati sebentar (metal) maka direpeter tdk mau conncet lgs ke ap pusat, mau connect ke pusat jika di repter dimatiin dan dinyalain dulu baru bisa connect ke pusat.
    kira2 disebabkan apa ? power sdh saya coba di 27db
    klau sinyal krg lebih 25db, jika ap pusat nggak mati berjalan lancar

    note : dulu sebelum pakai metal ini saya pakai bullet 2hp dgn seting tsn diatas lancar krg lebih 1 tahunan

    atas bantuan terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertanyaan dari sdr muh taman terjadi sama diriku saat ini gan ?
      bisa kirim jawam emailnya ke terraternetwork@gmail.com
      biar mudah untuknya
      terima kasih
      sobirin

      Delete
    2. pertanyaan dari sdr muh taman terjadi sama diriku saat ini gan ?
      bisa kirim jawam emailnya ke terraternetwork@gmail.com
      biar mudah untuknya
      terima kasih
      sobirin

      Delete
    3. metal qualitas nya jeblokkkk...dikeroyok 30 user mode ap bridge sering hang sendiri..payah

      Delete
    4. iy gan parah habis metal,, pertama2 ny aj yg bagus,, makin lama makin kelihatan jelek nya,, ati2 metal suka restar sendiri kl kepanasan. lebih enak pake bullet or grove gan,

      Delete
    5. sama, metal saya jg sering engap2 kalo kepanasan, mesti d matiin dlu bru normal lagi, radak nyesel jg belinya,

      Delete
  9. to ; provider internet-murah... jadi solusinya bagaimana TO METAL 2shpn masa harus di ganti siiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum ketemu solusinya gan,saya ganti pake groove aja lebih kuat

      Delete
  10. sir..saya juga lagi repot nich setting TX power nya 2SHPn..di radio saya saya lihat memang cuma default 17 dB (btw di rate TX nya rata2 32 dB..LED signal di Radio hanya nyala yg paling bawah dan hanya mencapai jangkauan kurang dari 100 meter around..signal penerima/client juga tidak stabil)..saya sudah coba rubah ke yg lebih besar umpama ke 27 dB..ttp ternyata tidak bisa disimpan perubahannya sir..mohon bantuannya..lo sempat mohon di email ke tris_ahyu_di@yahoo.com..trima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sorry telat respon default radio mikrotik 27dbm pak, saya rasa kl utk perubahan power tidak ada masalah ny tgl apply lgsg kesimpan koq,, mgkn waktu mau di apply metal ny keburu restar sendiri

      Delete
  11. mohon bantuannya, Metal 2SHPn saya itu kalau dinyalakan bisa dan lampunya menyala,,,setelah bunyi tit tit...lampunya mati semua....dan saya coba konek ke winbox itu 24 jam nunggu gak bisa kebaca mac addresnya ataupun ip nya..gimana GAN antarlangit

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu sudah mati total,harus di reset lewat netinstal

      Delete
  12. cb instal ulang pake net instal gan,, cari video ny di youtube, saya bukan dari antarlangit ato dr toko online manapun :)

    ReplyDelete
  13. waduh ternyata metal 2shpn ini banyak masalah ya, sudah terlanjur dibeli untuk pengganti PS2hp yg cukup handal. Tadinya pakai PS2hp lebih kurang 4 tahun, mungkin kena petir dan beli metal ini yg kelihatan lebih powerfull untuk pengganti, ternyata memang tidak user friently, Rencana mau pake picostation 2hp sajalah. Terlambat saya membaca posting2 teman semua

    ReplyDelete
  14. ndak jadi beli metal ..takuut trims semua

    ReplyDelete
  15. Metal 2shpn produk gagal, saya sudah memakainya, meskipun OS Router nya di Upgrade tetap sering RTO, pelanggan saya banyak yang kecewa, saya pikir dengan Power yang besar akan membuat jaringan lebih stabil, rupanya malah semakin kacau lalu lintas koneksinya.

    Menyesal Aink Mah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama gan radio klient serentak tiba2 terputus semua

      Delete
  16. mas numpang tanya.... apa bisa kalo menggunakan dari rauter trus kita berbagi untuk hp dan laptop menggunakan wifi metal.... saya ada indohome dirumah 20 m trus dari lan indohme saya untuk berbagi dengan wifi metal....apakah bisa saya membeli satu perangkat metal untuk clayen hp dan laptop... trimaksaih

    ReplyDelete
  17. numpang tanya gan.... sy bru beli metal 2shpn setelah terpasang ketinggian 20 mtr waktu sy seting terlihat ip 0.0.0.0 statik trus tiba tipa reboot sendiri setelah itu sy tidak bisa lagi login ke metal 2shpn tersebut.... bagaimana cara riset metal tanpa harus menurunkannya dr ketinggian 20mtr...karna poe bawaan tidak ada tombol riset yg ada cuma diradionya..... terimakasih...

    ReplyDelete
  18. kapok saya beli metal 2SHPn ,,baru pakai 2 bulan wlannya hilang timbul,jangkauannya ngak nyampai radius 10m..utk temen yang blm beli saya sarankan mending pakai produk lain dari pada nyesal.tks

    ReplyDelete

Followers

Top Post

 
Copyright © 2013. @wifi-bkl - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger