Home » , , , , » Limit Streaming Youtube RTMP

Limit Streaming Youtube RTMP

Written By wifi.bengkulu on Wednesday, January 8, 2014 | 9:09 PM

Memasuki Tahun 2014 youtube melakukan update untuk content videonya. Update ini cenderung merugikan pelaku usaha warnet yang mengandalkan Proxy sebagai cache server, dikarenakan update terbaru tidak dapat tercache oleh proxy server.

Youtube mengupdate content video nya dengan menggunakan RTMP (Real Time Messaging Protocol) yang mana update terbaru ini menggunakan Port TCP 1935 yang digunakan juga oleh Tv streaming pada umumnya.

Dengan RTMP youtube memaksa penggunjung untuk mengakses content videonya dengan bandwidth maksimal dengan kata lain semua bandwidth yang kita punya disedot habis oleh youtube. Untuk mencegah hal ini ada baik nya kita menambahkan mangle yang baru khusus untuk content video RTMP, dengan melakukan limit terhadap RTMP akses untuk Game Online tidak terasa lag.

Copy kan pada terminal mikrotik, kemudian limit nya bisa anda sesuaikan dengan bandwidth yang kita punya. Bisa menggunakan Simple Queue atau Queue Tree
Ip Firewall Mangle
RTMB
     chain=prerouting action=mark-connection new-connection-mark=youtube-rtmb
     passthrough=yes protocol=tcp dst-port=1935
  
    chain=prerouting action=mark-packet new-packet-mark=rtmb passthrough=no
     connection-mark=youtube-rtmb

Anda pun bisa juga untuk memblock Port RTMP 1935 ini drop koneksi port 1935 pada firewall filter. Dengan Anda memblock port 1935 ini maka video youtube yang telah menggunakan RTMP tidak akan terbuka, dan akan ada pesan error yang keluar. Namun Website Youtube nya masih bisa diakses dengan lancar. 
Ip Firewall Filter
  chain=forward action=drop protocol=tcp dst-port=1935
 Untuk saat ini 2 cara ini yang bisa saya bagikan agar akses warnet / game online tidak terganggu oleh RTMP terbaru youtube. Semoga bermanfaat.  :)
Share this article :

2 comments:

  1. Replies
    1. ga jalan gmn maksud ny gan ? ga ad traffic ny ? cari video youtube yg sudah rtmb gan,

      Delete

Followers

Top Post

 
Copyright © 2013. @wifi-bkl - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger